Tugas Mata Kulia Konsep E - Bisnis. Diberdayakan oleh Blogger.

Laman

RSS

Penjelasan dan cara kerja paru paru

1. penjelasan dan cara kerja paru paru
Paru - paru adalah salah satu organ pernafasan manusia. Paru - Paru terletak di rongga dada dan diatas diafragma, dilindungi oleh tulang dada dan tulang rusuk. Paru - paru  berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara melalui proses pernafasan. Bila dijelaskan secara singkat, cara kerja paru - paru adalah bila kedua paru - paru mengembang, maka itu berarti oksigen masuk ke paru - paru dan bila kedua paru - paru mengempis, maka itu berarti karbondiaoksida keluar dari paru - paru.

Cara kerja paru - paru manusia sangat berhubungan erat dengan hidung, laring, Trakea, serta bronkus. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai organ-organ pernafasan tersebut:
* Hidung ---> merupakan saluran pernafasan paling awal dan terletak paling atas. terdapat 2 rongga pada hidung manusia yang dipisahkan oleh otot yang berfungsi sebagai sekat
* Laring ---> tersusun atas tulang rawan dan terdapat selaput suara yang akan bergetar saat kita mengeluarkan suara
* Trakea ---> memiliki saluran bercabang dua yang disebut bronkus dan berhubungan langsung dengan paru - paru. Dilapisi oleh selaput lendir dan sel - sel yang bersilia yang berfungs untuk menahan debu masuk bersama udara supaya tidak terus masuk ke paru - paru
* Bronkus ---> menghubungkan trakea dengan paru - paru. Paru - paru kanan dan kiri masing - masing memiliki satu bronkus. Bronkus memiliki cabang yang disebut bronkiolus dan terdapat di dalam paru-paru

Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara kerja paru - paru manusia:
- Jika Oksigen sudah sampai pada bronkus, maka oksigen siap untuk masuk ke dalam saluran paru - paru.
- Oksigen akan berdifusi lewat pembuluh darah berupa kapiler - kapiler arteri dengan cara difusi. Kapiler - kapiler ini terdapat pada alveolus yang merupakan cabang dari Bronkiolus. Pada alveolus ini akan terjadi pertukaran gas oksigen dengan karbondioksida.
- Oksigen diikat oleh hemoglobindalam sel - sel darah merah (eritrosit), lalu diedarkan ke seluruh sel - sel tubuh  yang nantinya akan digunakan oleh mitokondoria alam respirasi tingkat seluler untuk menghasilkan energi berupa - ATP (Adenosin Tripospat)
Karbondioksida akan dibawa oleh kapiler vena untuk dibawa ke alveolus dan akan dikeluarkan di alveolus melalui proses respirasi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar